Telkom Fiks

Pengunjung

Blog Archive

Contact Us

Sekretariat Panitia d/a Lapangan Tenis Jl. Ambon No. 2 Bandung
Tlp./Fax. (022) 4202570
e-mail: telkomfiksopen2013@gmail.com
telkom_fiks@yahoo.com

Wednesday, December 31, 2008

[Liputan Media] Tak Menoleransi Pencurian Umur

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=49657
Rabu, 31 Desember 2008

PRINSIP kejujuran sangat dijunjung tinggi oleh panitia "Telkom-FIKS XV/2008" kali ini. Maka, panitia tidak menorelansi ketika terjadi pencurian umur. "Karena masalah ini, kami dengan sangat terpaksa mendiskualifikasi seorang peserta dari Kalimantan," kata ketua panpel Gandjar Nugraha.

Menurut Gandjar, keputusan tersebut sangat berat, apalagi si petenis berinisial MRA tersebut sudah berada di Bandung. "Namun, kami dengan berat hati mengeluarkan keputusan diskualifikasi untuk menyelamatkan peserta lainnya. Sebelumnya, kami sudah tegaskan tidak akan memberi kelonggaran kepada pencurian umur," ujar Gandjar.

Keputusan tersebut diambil setelah melihat data-data yang sangat valid. Menurut Gandjar, pemain yang terkena diskualifikasi sehari menjelang kejuaraan ini digelar, merupakan juara KU-12 pada 2006. "Saat itu, banyak yang curiga bahwa umur dia sebenarnya lebih dari 12 tahun. Namun, pada akta kelahiran dan rapor, tertulis dia lahir pada 1994," kata Gandjar.

Gandjar yang juga merupakan ketua panpel pada saat itu, menindaklanjuti kecurigaan tersebut dengan menanyakan kepada rekan-rekannya di Bontang. "Saya kan pegawai Telkom. Saya minta pegawai Telkom di sana (Kalimantan) untuk mencari tahu. Mereka menilai ada sedikit keganjilan," ujarnya.

Namun, kemudian keluar surat dari Diknas di sana bahwa si petenis tersebut lahir pada 1994. "Walau sedikit ragu, kami memercayai surat tersebut. Namun, kami tidak menyerah. Saya bawa si petenis ke laboratorium untuk diperiksa dan saya juga meminta dia untuk menulis surat pernyataan bahwa dia memang benar-benar lahir pada 1994," kata Gandjar.

Pada 2007, si petenis tidak mengikuti kejuaraan ini. Dia kembali muncul pada 2008 ini dan mengikuti KU-16. "Ketika melihat akta kelahiran dan rapor, tertulis dia lahir pada 1993. Saya kemudian teringat kembali peristiwa 2006 dan meminta Pak Sarjono (rekan Gandjar) untuk kembali melihat arsip 2006," ujarnya.

Setelah dicocokkan, terlihatlah perbedaan tersebut. "Dia memang kelahiran 1993 sehingga pada 2006 usianya sudah melebihi 12 tahun. Saya sudah melaporkan masalah ini ke Pelti. Mengenai hukuman atau yang lainnya, saya sudah serahkan kepada Pelti," kata Gandjar.

Sebenarnya, kata Gandjar, keikutsertaan si petenis pada tahun ini tidak masalah. "Hanya, dia memiliki sejarah dalam hal pencurian umur sehingga kami mengeluarkan keputusan tersebut," ujarnya.

Menurut Gandjar, akar permasalahan dari semua ini adalah menginginkan prestasi dengan cara-cara yang tidak benar. "Saya tidak yakin, si petenis tersebut yang menginginkan agar usianya dimudakan. Pasti ada orang yang lebih tua dan mengerti, yang meminta agar dia main di KU-12 walau usianya sudah lebih," kata Gandjar.

Kini, si petenis yang justru menanggung akibatnya. "Dari lubuk hati, saya sebenarnya sangat kasihan dengan anak tersebut. Sudah jauh-jauh datang ke Bandung, malah terkena masalah. Namun, aturan harus ditegakkan, tidak pandang bulu," ujarnya.

Gandjar berharap, kejadian serupa tidak akan terulang lagi pada masa yang akan datang. "Semua yang terlibat dalam pembinaan olah raga, khususnya tenis harus saling menghargai. Tidak menggunakan cara-cara kotor untuk meraih prestasi karena yang akan menjadi korban anaknya sendiri," kata Gandjar.

Gandjar berharap, setiap pembina dan petenis yang tampil pada kejuaraan ini tetap menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas yang menjadi fondasi utama olah raga. (Asep/"PR")***

No comments:

Juara Telkom Fiks - Speedy Open 2010

Foto Dokumentasi Telkom Fiks - Speedy Open 2010

Juara Telkom Fiks - Speedy Open 2009

Dokumentasi Telkom Fiks - Speedy Open 2009

JUARA TELKOM-FIKS 2008

JUARA TELKOM-FIKS 2008
(klik pada gambar untuk melihat foto juara lainnya)

Foto aksi TELKOM-FIKS 2008

Foto aksi TELKOM-FIKS 2008
(klik pada gambar untuk melihat foto lainnya)

Dokumentasi TELKOM-FIKS 2008

Dokumentasi TELKOM-FIKS 2008
(klik pada gambar untuk melihat foto dokumentasi lainnya)

Juara Telkom Fiks 2007

Juara Telkom Fiks 2007
(klik untuk melihat gambar lainnya)

Foto Aksi FIKS-TELKOM 2007

Foto Aksi FIKS-TELKOM 2007
Silakan klik pada gambar untuk melihat gambar foto aksi lainnya